Jumat, 14 Januari 2011

Mullen: Tantangan di Afghanistan Akan Lebih Sulit dari Tahun Lalu

mediaumat.com- Mike Mullen, Ketua Kepala Staf Gabungan AS mengulang kembali pernyataannya bahwa kemajuan yang dibuat oleh pasukan koalisi di Afghanistan sangat rapuh, namun tidak menutup kemungkinan untuk diperkuat kembali.
Mullen mengatakan pada saat konferensi pers bahwa pasukan koalisi akan menghadapi tahun yang paling sulit. Tahun yang akan diwarnai oleh kekerasan dan kerugian lebih besar dari tahun sebalumnya. Dikatakan, namun demikian, ia menyerukankepada pasukan koalisi agar terus maju di wilayah-wilayah yang menjadi target kelompok pemberontak untuk dikuasainya.
Mullen juga membahas proses rekonsiliasi dengan Taliban dan ikatan yang akan menghubungkan negaranya dengan Afghanistan setelah dimulainya penarikan sebagian pasukan AS pada pertengahan tahun ini.
Dalam kesempatan ini, Mullen juga menyinggung persoalan Iran yang akan berpartisipasi di berbatasan dengan Afghanistan, serta melakukan berbagai kegiatan di sana, yang digambarkannya sebagai kegiatan terbatas (arabic.rt.com, 13/1/2011).

0 komentar:

Posting Komentar

bagaimana menurutmu?