Sabtu, 10 November 2012

KEGIATAN PRAKTIKUM PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN



KEGIATAN PRAKTIKUM
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN

I.      Teori
Pertumbuhan merupakan proses pertambahan volume dan jumlah sel yang mengakibatkan bertambah besarnya organisme. Pertambahan jumlah sel terjadi karena adanya pembelahan mitosis, dan bersifat irreversiabel artinya organisme yang tumbuh tidak akan kembali ke bentuk semula. Pertambahan jumlah sel terjadi karena adanya pembelahan mitosis. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan hasil interaksi antara faktor-faktor yang terdapat dalam tubuh organisme, seperti sifat genetika yang ada dalam gen dan hormon yang merangsang pertumbuhan.
Perkembangan adalah suatu proses kemajuan yang terjadi secara berangsur-angsur dari kompleksitas rendah ke kompleksitas tinggi dan terjadi diferensiasi. Perkembangan dapat dinyatakan melalui berbagai cara, mulai dari bagian tertentu suatu tanaman sampai jumlah total perkembangan tanaman. Pada tanaman, aktifitas perkembangan yang vital ini banyak tumpang tindih. Pertumbuhan apikal pada  ujung akar dan ujung batang mendahului morfogenesis dan diferensiasi. Tetapi pembesaran batang terjadi oleh karena pembesaran sel – sel setelah morfogenesis dan diferensiasi berlangsung.

II.    Tujuan
Mengamati pertumbuhan dan perkecambahan kacang merah

III.   Alat dan Bahan
1.    Biji Kacang merah 6 buah
2.    Botol selai 2 buah
3.    Kertas saring secukupnya
4.    Kertas label secukupnya
5.    Gunting 1 buah


IV.  Cara Kerja
1.    Rendamlah biji kacang merah dalam air semalaman
2.    Lipatlah keras saring sehingga lebarnya setinggi dasar sampai leher botol selai. Bila perlu potonglah kelebihannya
3.    Gulunglah kertas saring tersebut dan masukkan ke dalam botol selai sehingga menempel pada dinding botol bagian dalam
4.    Sisipkan 6 biji kacang merah pada botol selai. Tambahkan air secukupnya sehingga kertas saring tetap basah (kira-kira 1/10 nya)
5.    Simpanlah sediaan di tempat terang tetapi tidak terkena sinar matahari langsung selama 2 minggu. Jika air tampak berkurang (kertas saring mongering) tambahkan air secukupnya sehingga kertas saring tetap basah tetapi permukaan air tidak merendam biji.
6.    Amatilah perkecambahan dan pertumbuhan biji-biji tumbuhan dari sediaan tersebut. Catatlah kapan biji kacang merah mulai berkecambah, amatilah bagaimana akar, batang dan daun tumbuh. Masukkan hasilnya ke dalam lembar kerja

V.   Hasil Pengamatan
Hasil Pengamatan Pertumbuhan Kecambah Kacang Merah
Hari Ke
Gambar Pertumbuhan Kecambah Kacang Merah
Panjang
Keterangan
Akar
Batang
0
Kondisi awal
1 mm
2-3mm
Bakal akar terlihat
1
Tumbuh akar
1-1,5 mm
8-10 mm
Jelas terlihat
2
Terlihat batang
2-3 mm
20 mm
Biji kacang terangkat
3
Terlihat batang, daun
5-10 mm
40 mm
Terangkat ke atas
4
Tumbuh daun
10 mm
150 mm
Tumbuh daun
5
Batang semaikn panjang
10-15 mm
15cm
Daun bertambah
6
Batang semaikn panjang
15-20 mm
23cm
Bertambah panjang
7
Batang semaikn panjang
5 cm
26cm
Bertambah panjang
8
Batang semaikn panjang
7 cm
29cm
Bertambah panjang
9
Batang semaikn panjang
8 cm
30 cm
Bertambah panjang
10
Batang semaikn panjang
9 cm
33cm
Bertambah panjang
11
Batang semaikn panjang
10 cm
36cm
Bertambah panjang
12
Batang semaikn panjang
12 cm
40cm
Bertambah panjang
13
Batang semaikn panjang
13 cm
43cm
Bertambah panjang
14
Batang semaikn panjang
14 cm
45cm
Bertambah panjang



VI.  Pembahasan
Berdasarkan hasil praktikum dapat diketahui bahwa  pada minggu pertama hingga minggu kedua terdapat perubahan.  Pada umur 1 hari panjang akar 1mm dan terus bertambah panjangnya hingga minggu ke 2 panjangnya mencapai 14 cm, begitu juga batang dan tumbuhnya daun. Hal itu dikarenakan sel terus membelah dan berdiferensiasi dan merupakan akibat dari aktivitas meristem lateral. Ukuran akar yang semakin panjang  dikarenakan pada ujung akar sel – selnya selalu membelah karena adanya aktifitas meristem apikal. Pertumbuhan dan perkembangan juga terjadi pada daun. Daun yang semula hanya 1 helai kecil tumbuh menjadi 2 helai yang kemudian membesar begitu juga dengan bertambah panjangnya batang kecambah.

VII. Kesimpulan
Berdasarkan hasil praktikum pada pertumbuhan dan perkembangan dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan organisme merupakan hasil dari pembelahan sel, pembesaran sel serta diferensiasi sel. Proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman jagung dan kacang tanah khususnya dari waktu ke waktu mengalami perubahan tumbuh tanaman apabila dilihat dari bertambahnya tinggi, jumlah daun, diameter akar dan batang pada tanaman. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman tersebut dipengaruhi oleh faktor dari luar maupun dari dalam. Faktor dari dalam berupa hormon sedang faktor dari luar yaitu gen, cahaya matahari, suhu udara, kelembaban udara, tanah, nutrisi dan air.

VIII.       Jawaban Pertanyaan
1.    Pada hari pertama akar sudah mulai tumbuh (Nampak bakal akar)
2.    Arah tumbuh kecambah ke atas karena mencari sinar matahari

10 komentar:

bagaimana menurutmu?