Minggu, 12 Agustus 2012

Artefak Baru Kalender Maya Ditemukan

Salah satu penemuan hieroglif paling signifikan dalam beberapa dekade ini, para arkeolog di Guatemala, mengumumkan pengungkapan panel yang menunjukkan referensi yang kedua dikenal dengan "tanggal akhir" suku Maya 2012 


Panel yang ditemukan di kota Guatemala berusia 1300 tahun, prasasti ini menunjukkan kemenangan militer
penguasa kota Maya Calakmul atas kota La Corona (Reuters)

"Saya sangat kagum dan senang kemarin untuk melihat bahwa panel itu mencatat tanggal akhir baktun ke-13 (20 siklus dalam penghitungan kalender Maya), yang bagi kami akan datang hanya dalam waktu beberapa bulan pada bulan Desember 2012 , "kata Dr David Stuart dari Universitas Texas di Austin Reuters.

Di sini kita memiliki sebuah monumen Maya yang diukir 1.500 tahun yang lalu yang berbicara tentang tahun dimana kita berada saat ini, "katanya.

Laporan mengatakan bahwa prasasti juga memprediksi bahwa garis keturunan penguasa akan terusberlanjut.

Penghitungan kalender Maya dimulai pada 3114 SM dan dibagi menjadi sekitar 394 tahun periode-periode. Suku Maya melakukan 13 Sakral dan periode ke 13 berakhir pada 21 Desember 2012

"Ketika kita memperhitungkan bagaimana awal dari monumennya, kita dapat melihat bahwa prasasti ini merupakan prasasti terbesar dari negeri ini dan satu dari tiga atau lima yang paling penting di dunia suku Mayan" Thomas Barrientos, direktur Pusat Anthropological dan Investigasi Arkeologi di Univsidad del Valle, kepada Reuters.


Sebuah jajak pendapat pada bulan Mei mengatakan bahwa hampir 10 persen orang percaya bahwa tahun 2012 dalam kalender Maya menandakan datangnya kiamat.

armageddononline.org

0 komentar:

Posting Komentar

bagaimana menurutmu?