Senin, 06 Agustus 2012

Madu

"Hatchi!"
"pilek ya?"
"ng...pusing kak"
"ya sudah, setelah makan siang tidur ya"
"sebelum tidur minum madu dulu"
"madu?bukannya minum obat pilek ya kak?"
"lho madu khan obat juga, nah setelah ini tidur ya.."

--dalam mimpi--
"wah ada bunga, banyak sekali!, wah ada lebah juga!Halo kak Lebah"
"halo juga, kamu sedang apa disini?"
"namaku fathiya, aku sedang mencari madu disini"
"madu tidak ada di bunga fathiya, ayo ikut aku ke sarang, kebetulan kantong nektarku sudah penuh"
"eh, apa itu kantong nektar?"
"nektar adalah bahan dasar madu yang diambil dari bunga, setelah penuh, aku kembali ke sarang"
"nektarnya di dalam perut?"
"itu rumahku!"
"wah hebat, aku baru kali ini masuk sarang lebah, eh kak lebah kamu sedang apa?"
"aku sedang memberikan nektar untuk disimpan"

"aku mau memberi tahu kawan-kawan lokasi bunga tadi"
"terima kasih sudah mengantarku, eh nanti aku sama siapa?
"tenang fathiya, ada aku kok. yuk ikuti aku untuk menyimpan nektar?"
"oh kak lebah apakah kalian menempel pengumuman untuk memberi tahu lokasi bunga?"
"tidak fathiya, bukan seperti itu"
"lalu bagaimana?"
"kami memberitahu lokasi bunga kepada kawan-kawan kami dengan gerakan-gerakan seperti dansa. Jika jaraknya lebih jauh, kami bergerak lebih lambat"
"wah kalian pintar berdansa ya!"
"hehe"
"kak lebah kenapa sayapmu digerak-gerakan?"
"ini supaya air dalam nektar yang tadi dimasukkan menguap, perlu beberapa hari supaya jadi madu yang kental, setelah jadi baru ditutup dengan lilin"
"ternyata sulit ya membuat madu?"
"sudah mau pulang fathiya?"
"iya, terimakasih sudah mengantarku berkeliling, oh kak lebah ada satu hal lagi yang ingin kutanyakan"
"apa?"
"sepertinya tadi kulihat ada satu lebah yang berukuran lebih besar, siapa dia?"
"oh itu, pasti Ratu kami, tugasnya adalah bertelur"
"bertelur?"
"Lebah Ratu bertelur sekitar 1000 telur per hari, kadang-kadang bisa lebih dari 1500 telur dalam sehari. telur-telur tersebut diletakkan dalam sel lilin dan akan menetas dalam 3 hari. larva memakan pollen dan royal jelly yang disekresi oleh lebah pekerja"
"SubhanAlloh..."
"ini untukmu!"
"untukku?apa tidak apa-apa?"
"bukankah kalian makan madu juga? ambil saja, kami membuatnya cukup banyak kok!"
"Alhamdulillah,terima kasih kak lebah, aku pulang ya?"
"hati-hati ya!"

--dalam perjalanan--
"fathiya kamu mau tau lebih banyak tentang madu?"
"eh? tentu saja aku mau"
"untuk menghasilkan 1 kg madu, lebah harus mengunjungi 4juta kuntum bunga"
"hah? sebanyak itu?"
"ya, lebah harus menempuh penerbangan 90ribu sampai 180ribu kali mengunjungi bunga"
"subhanAlloh, hebat sekali"
"madu mempunyai nilai kalori yang sangat besar 3280Kal/Kg. madu kaya kandungan vitamin B dan C juga kaya akan mineral"
"hmmm...kakak bilang madu juga sebagai obat"
"'Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia' (QS An-Nahl:69). madu juga sudah dipakai sejak dulu. pada tahun 7000SM orang telah mengumpulkan madu dari sarang lebah di retakan batu dan pohon. ini diketahui dari gua yang bergambar di Afrika dan Spanyol. pada tahun 3000SM madu dipakai sebagian besar orang sebagai pemanis di Mesir. selain ditambahkan pada minuman , madu juga dipakai untuk membuat roti dan makanan lain. sekitar tahun 2000SM bangsa Mesir sudah memelihara lebah di sarang buatan. ini menjadi awal budidaya lebah. pada tahun 1000SM di India terdapat minuman yang disebut 'madhuparka' yang biasa diberikan pada tamu atau untuk melamar perempuan juga diberikan pada wanita hamil 5 bulan. meski sekarang madu makin jarang dipakai sebagai pemanis sejak gula ditemukan, namun karena khasiatnya, madu tetap digunakan"
"hmmm....wah tidak terasa sudah sampai rumah"

--di kamar--
"fathiya, bangun...sholat ashar yuk?"
"ng...eh...yaaah cuma mimpi"
"??!!'


0 komentar:

Posting Komentar

bagaimana menurutmu?