Sabtu, 03 November 2012

KEGIATAN PRAKTIKUM CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP



KEGIATAN PRAKTIKUM
CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

I.      Teori
Makhluk hidup berbeda dengan benda mati, karena mahkuk hidup mempunyai ciri-ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh benda mati. Ciri-ciri makhluk hidup adalah sebagai berikut :
1.    Bernapas;
Pernapasan pada hakekatnya adalah proses pelepasan energi dan zat makanan. Pada hewan dan tumbuhan, proses pernapasan memerlukan oksigen dan mengeluarkan zat sisa pernapasan berupa karbondioksida (CO2) dan uap air (H2O). Oksigen berperan sebagai pembakar zat makanan. Proses pembakaran zat makanan yang terjadi di dalam sel disebut oksidasi biologi.
2.    Bergerak;
Gerak pada hewan dapat berupa gerak berpindah tempat, sedangkan gerak pada tumbuhan hanya berupa gerak pada bagian tubuhnya saja.
3.    Peka terhadap rangsang;
Beberapa sumber rangsang yang dapat diterima atau ditanggapi makhluk hidup antara lain cahaya, suhu, zat kimia, dan rangsang mekanis.  Hewan memiliki syaraf untuk menerima dan menanggapi rangsang, sedangkan tumbuhan tidak memiliki syaraf.
4.    Memerlukan makanan;
Zat makanan dalam tubuh makhluk hidup digunakan untuk kegiatan hidupnya, membangun sel-sel, dan mengganti sel-sel yang rusak.
5.    Tumbuh dan berkembang;
Makhluk hidup mengalami pertumbuhan, yaitu bertambah besar, karena adanya penambahan jumlah sel tubuh dan penambahan ukuran sel. Makhluk hidup juga berkembang menjadi dewasa.
6.    Berkembang biak;
Berkembang biak bertujuan menghasilkan keturunan dan mempertahankan kelestarian jenisnya. Makhluk hidup berkembang biak secara kawin, akan tetapi ada pula yang berkembang biak secara tak kawin.
7.    Mengeluarkan zat sisa;
Zat sisa metabolisme (reaksi-reaksi kimia dalam tubuh) harus dibuang dari tubuh, bila tidak akan meracuni tubuh. Beberapa alat pengeluaran antar lain adalah ginjal, paru-paru, hati, dan kulit.
8.    Beradaptasi;
Beradaptasi yaitu menyesuaikan sel dengan lingkungannya. Misalnya tumbuhan yang hidup di tempat kering memiliki daun yang sempit dan tebal, sedangkan tumbuhan yang hidup di tempat lembap memiliki daun lebar dan tipis.

II.    Tujuan   
Mengamati ciri-ciri makhluk hidup yang ada disekitar tempat tinggal

III.   Alat dan Bahan
1.    Alat-alat tulis
2.    Tabel pengamatan
3.    Alam sekitar

IV.  Cara Kerja
1.    Siapkan alat-alat tulis dan table pengamatan yang diperlukan
2.    Pergi ke lingkungan yang ada di sekitar tempat tinggal, seperti kebun, sawah, hutan, atau lingkungan lainnya, sesuai tempat tinggal anda
3.    Menentukan 10 makhluk hidup (5 hewan dan 5 tumbuhan)
4.    Mencatat kesepuluh jenis makhluk hidup tersebut dalam lembar pengamatan
5.    Mengamati cirri-ciri setiap makhluk hidup
6.    Membubuhkan tanda cek (√) sesuai dengan ciri yang diamati, pada tabel

V.   Data Hasil Pengamatan
Tabel 1.1.
Hasil Pengamatan Ciri-ciri Makhluk Hidup
No
Nama Makhluk Hidup
Ciri-ciri Makhluk Hidup *)
1
2
3
4
5
1
Cicak
2
Ikan
3
Ulat
No
Nama Makhluk Hidup
Ciri-ciri Makhluk Hidup *)
1
2
3
4
5







4
Semut
5
Kecoa
6
Lidah buaya
7
Lidah mertua
8
Kunyit
9
Bawang merah
10
Bawang putih

*) Keterangan :
1.     bergerak dan bereaksi terhadap rangsang;
2.     bernapas;
3.     perlu makan (nutrisi);
4.     tumbuh;
5.     berkembang

VI.  Pembahasan
Tumbuhan maupun hewan memiliki ciri-ciri yang sama yaitu bergerak dan bereaksi terhadap rangsang, bernafas, perlu makan, tumbuh, dan berkembang.  Tumbuhan melakukan gerak, akan tetapi tidak semua dapat diamati dengan jelas. Tumbuhan yang mudah diamati geraknya yaitu daun putri malu dan gerak tidur berbunga kupu-kupu menjelang senja hari.  Semua tumbuhan melakukan gerak yaitu gerak tumbuh akar dan batang. Gerak lainnya yaitu gerak reaksi terhadap rangsang misalnya gerak batang dan daun karena cahaya mengikuti/mengarah ke matahari. Gerak pada hewan dan tumbuhan berbeda. Jika hewan dapat bergerak organ di tempat maupun gerak berpindah tempat, maka gerak pada tumbuhan tidak menimbulkan perpindahan tempat (kecuali tumbuhan bersel tunggal)
Hewan dan tumbuhan sama-sama melakukan pernafasan. Pada tumbuhan oksigen masuk melalui stomata dan lentisel (tumbuhan tidak punya organ khusus), sedangkan oksigen masuk ke dalam tubuh hewan melalui organ pernafasan khusus. Hewan dan tumbuhan memerlukan makan dan air, hanya saja saja berbeda bentuk dan prosesnya. Tumbuhan makan dengan melakukan fotosintesis, sedangkan hewan memakan bentuk yang sudah jadi. Hewan dan tumbuhan sama-sama tumbuh dan berkembang, bertambah ukuran tinggi dan besar maupun beratnya.

VII. Kesimpulan
Makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang sama yaitu bergerak dan bereaksi terhadap rangsang, bernafas, memerlukan makan, serta dapat tumbuh dan berkembang. Kelima ciri ini pasti melekat pada makhluk hidup baik tumbuhan maupun hewan meskipun ada sedikit perbedaan misalnya proses bergerak dan bernafas.

VIII.    Jawaban Pertanyaan
1.    Ya, tumbuhan juga bergerak dan bereaksi terhadap rangsang. Gerak tumbuhan yaitu gerak taksis (gerak pindah tempat seluruh tubuh pada tumbuhan bersel satu), gerak nasti (gerak sebagian tubuh, tidak ditentukan arah datangnya rangsang), gerak tropisme (gerak sebagian tubuh, dipengaruhi arang datangnya rangsang)
2.    Persamaan ciri kehidupan pada hewan dan tumbuhan yaitu bergerak dan bereaksi terhadap rangsang, bernafas, memerlukan makan, serta dapat tumbuh dan berkembang
3.    Perbedaan ciri kehidupan hewan dan tumbuhan:
a.    Tumbuhan :
1)    Reaksi terhadap rangsang lambat/terbatas, umumnya menetap atau bergerak sebagian tubuh
2)    Tidak memiliki alat pernafasan khusus, mengambil dan mengeluarkan gas secara pasif
3)    Menyusun zat-zat makanan sendiri
4)    Tumbuh kembang berlangsung selama hidupnya, ada daerah tumbuh tertentu. Bentuk tubuh menyebar dan bercabang. Jumlah bagian tubuh tak tentu.
b.    Hewan :
1)    Memiliki alat pernafasan khusus. Mengambil dan mengeluarkan gas secara pasif
2)    Reaksi terhadap rangsang cepat, simultan, aktif dan dapat berpindah tempat
3)    Makan makhluk hidup lain
4)    Tumbuh kembang terjadi dalam masa tertentu, serempak pada semua bagian tubuh. Jumlah bagian tubuh tertentu/pasti.


6 komentar:

bagaimana menurutmu?