Minggu, 18 November 2012

KEGIATAN PRAKTIKUM GAYA GESEK



KEGIATAN PRAKTIKUM
GAYA GESEK

I.      Teori
Gaya merupakan suatu besaran yang memiliki besar dan arah. Gaya dapat menyebabkan suatu benda diam menjadi bergerak dan dapat pula menyebabkan benda bergerak menjadi diam/berhenti.  Gaya gesek adalah gaya yang berarah melawan gerak benda atau arah kecenderungan benda akan bergerak. Gaya gesek muncul apabila dua buah benda bersentuhan.benda-benda yang di maksud disini tidak harus berbentuk padat, melainkan dapat pula berbentuk cair, ataupun gas. Gaya gesek antara dua buah benda padat misalnya adalah gaya gesek, statis, dan kinetis, sedangkan gaya antara benda padat dan cairan serta gas adalah gaya stokes.

II.    Tujuan
Mengetahui besarnya gaya gesek yang bekerja pada sebuah benda

III.   Alat dan Bahan
1.    Kereta
2.    Neraca pegas 2 buah
3.    Balok kayu 5x5x10 cm (atau benda lainnya)

IV.  Cara Kerja
Isilah lembar kerja sesuai petunjuk
1.    Letakkan sebuah balok kayu diatas meja
2.    Kaitkan ujung neraca pegas pada balok
3.    Tariklah neraca pegas ke kanan perlahan-lahan dan catat penunjukkan pada skala neraca pegas (saat balok mulai bergerak)
4.    Tarik terus sampai balok bergerak dan catat berapa gaya yang diperlukan untuk bergerak.




V.   Hasil Pengamatan
Hasil Pengamatan gaya gesek
No.
Keadaan balok
Penunjukkan neraca pegas (Newton)
1
Sebelum bergerak
0
2
Saat bergerak
2,5
3
Sesudah bergerak
1

VI.  Pembahasan
Keadaan balok sebelum bergerak neraca pegas menunjukkan di angka 0 N kemudian pada saat bergerak, neraca menunjukkan angka 2,5 N dan setelah bergerak neraca menunjukkan angka 1 N. Gaya gesek pada saat benda diam adalah 0 dan gaya gesek sebelum bergerak lebih besar dibandingkan dengan sesudah bergerak. Hal ini disebabkan benda diam yang akan bergerak mengalami gaya gesek yang lebih besar dibandingkan dengan benda yang sudah bergerak dan sedang bergerak.

VII. Kesimpulan
Gaya gesek pada saat benda diam adalah 0 dan gaya gesek sebelum bergerak lebih besar dibandingkan dengan sesudah bergerak. Gaya Gesek yang bekerja pada saat benda diam adalah gaya gesek statis dan gaya gesek yang bekerja pada saat benda bergerak adalah gaya gesek kinetis.

VIII.       Jawaban Pertanyaan
Balok diatas meja hanya dapat ditarik dengan gaya gesek karena semakin besar/luas benda yang bergesekan semakin besar pula gaya gesek yang ditimbulkan berarti g

0 komentar:

Poskan Komentar

bagaimana menurutmu?